Saturday, February 20, 2016

Konsep Pemasaran

Dulu saya mengira yang namanya bagian pemasaran adalah penjual atau salesman "door to door" yang menawarkan barang, ternyata konsep pemasaran jauh dari itu dan ternyata merupakan suatu hal yang sangat menarik. Kenapa? karena pada dasarnya semua dari kita melakukan kegiatan pemasaran. 
Pemasaran adalah kegiatan untuk menyampaikan pesan atau keinginan kepada orang lain dan berusaha agar pesan atau keinginan tersebut tercapai. Kegiatan ini meliputi usaha-usaha untuk merancang suatu produk, merealisasikan, mempromosikan, dan menyampaikan barang atau jasa tersebut kepada konsumen atau perusahaan yang memerlukan (Sumarwan dkk, 2016). 
Berdasarkan definisi diatas dapat kita renungkan bahwa inti dari suatu aktivitas bisnis adalah kegiatan pemasaran itu: merancang produk atau jasa, membuat, menjual, dan menyampaikan kepada yang memerlukan. Dari kegiatan-kegiatan inilah suatu sistem usaha mendapatkan penjualan, dan setelah dikurangi biaya-biaya yang timbul perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan (atau kerugian).

No comments:

Post a Comment